NGE-BLOG BISMILLAH (catatan kekalutan dalam memulai mencoret-coret halaman Blog)

Catatan ngeblog pemula

Catatan ini muncul akibat kekalutan aku sebagai mahasiswa akhir. Aku punya hobi yang tidak bagus untuk ditiru. 

Yaitu Be-Ga-Dang. 
Belajar Gak Tau Jadi Karangan”.
Jangan katakana kalau aku pemalas. Statement itu tidak tepat, karena buktinya aku mau belajar. Belajar terus tanpa jadi karangan atau jadi catatan, goresan, tulisan (kalo bahasa mahasiswanya).

Memang harusnya jadi mahasiswa harus rajin NULIS. Maha kok, harusnya lebih dari siswa. Siswa masih pantas selalu disuapin. Tapi mahasiswa pantang disuapin. Harusnya sudah nyuapin.

Melalui tulisan kalian, suapin tu orang-orang pemalas. Anak-anak yang kerjaanya habisin duit orang tua. Anak-anak yang sudah kenal dengan sinetron “ganteng-ganteng srigala”. Sadarkan mereka melalui ketikan 11 jari yang tak beraturan itu. 

Selamatkan mereka, selamatkan orang-orang melalui kiasan bait. Tapi sungguh inipun merupkan selemah-lemahnya menolong. Begini saja sulit di realisasikan.

Aku sendiri kena tamparan dari pikiranku sendiri. Kenapa? Kenapa ? aku tak mampu mengaktualisasikan pola pemikiranku ke dalam tulisan-tulisanku. Padahal aku suka dalam belajar, rajin dalam bergaul, supel terhadap teman. Atau apalah. Aku seseorang yang akademik banget. IPK aku tidak pernah kurang dari 3,00.
Tapi kenapa? 
Kenapa?. 

Aku tak mampu menulis. Seperti kawan-kawanku menulis artikel, esay, cerpen, kata-kata mutiara, sajak tanpa tuan, dan sebagainya. 

Hati kecilku mulai berontak. “Dicoba dulu, ketik Kutak ketik kata bebas tanpa makna, nanti juga lama-lama bisa”. Aku selalu berperang melawan pemikiranku. Dan kebiasanku. Be-Ga-Dang tadi.

Belum juga ada akhir dari kekalutanku, belum kuputuskan untuk memulai menulis dari mana. Aku juga sering berjanji pada diri sendiri, oke. Aku akan mulai nulis hari ini. Tapi selalu saja tidak mampu untuk konsisten. 

Satu dua hari aku rajin banget mulai menuliskan kisah-kisah sederhana dan simple. Dan lagi-lagi empat sampai lima hari aku tak menulis lagi. Ya Tuhan pertemukan aku dengan harapan besar ku. Melalui ridhomu aku yakin. aku yakin akan mampu lebih dari ini. lalu Bismillah aku mulai nge-blog.

Dari artikel yang aku baca dari blog. http://sugeng.id/panduan-ngeblog-untuk-pemula/ Untuk memulai jadi blogger siapkan langkah-langkah ini. dan sekaligus aku garis bawahi dan aku jawab satu per satu.

1. Tentukan Tujuan

Tujuan aku nge-blog :
a. Share Informasi, Pemikiran, Tips and Trik, belajar dan ingin bisa nulis.
b. Cari uang (ini bonus sih).

Di dalam artikel itu mengatakan:
“nge-blog itu butuh waktu, tenaga dan pikiran. Jangan sampai semua terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas”.
Aku ngerti sih apa yang dikatakan http://sugeng.id. Memang bener, niat itu penting. Luruskan niat buat apa aku ngeblog?. Tapi jelas aku katakan di atas, itu tujuanku. Itu niat yang akan membawaku untuk mulai nge-blog.

2.  Tentukan Topik

Topik disini katanya yang sesuai yang aku bisa, passion lah bahasanya. Aku bisa apa ya? J oh, aku tau. Yang sesuai dengan apa yang aku pelajari ajalah. Biar nanti nggak bingung mau nulis apa. Jadi topik yang akan aku angkat adalah

a.    Mengenai TI (Teknologi Informasi).
InsyAllah bisalah kalau sekedar install laptop, flassing handphone.

b.   Desain
Sedikit banyak aku bisa buat kartu nama, baliho, banner, logo, cover buku, desain kaos distro, buat PIN bros, editing foto. insyAllah bisa gunain Corel, Photoshop, Ms.Word, Power Point.

c.   Pemikiran Islam
Agak berat sih, tapi aku bisa kok. Tinggal rajin diskusi sama senior. Dari yang senior haluan Islam kiri sampai senior haluan Islam kanan. Beres diskusi harus segera di tulis. Biar nggak lupa.

d.   Budaya Diskusi
Topik ini nanti akan banyak memuat hasil-hasil diskusi dari komunitas kecil aku sama temen-temen, yang sampai sekarang belum nemu nama komunitasnya. 
Padahal budaya diskusi di komunitas tanpa nama ini sudah sering berjalan. Budaya diskusi ini timbul akibat keresahan aku dan temen-temen. 
“ketika budaya diskusi di bully, dan yang katanya tidak berefek sama sekali dengan pergerakan”. Kata salah seorang senior.
e.   Rahasia Konyol
Topik ini nyeleneh, hal yang sudah biasa diketahui namun sering dilupakan karena di anggap tidak penting. Contohnya tadi, kekalutan.

3.   Pilih Layanan Nge-Blog

Aku akan pilih layanan blogspot.com karena sebagai pemula yang arif aku sadar diri, belum mampu untuk beli domain (dotcom). 
Dan blogspot.com aku rasa mudah untuk dipelajari. Fiturnya juga banyak, dan tips trik nya segudang gula pasir di google. Terus blogspot juga mudah dipasangi iklan (buat cari penghasilan).

4.   Mulai Menulis

Sejauh ini aku belum pernah nulis, belum pernah nulis yang serius. Dan belum punya tulisan yang layak publish ke koran atau majalah. hanya ada beberapa coretan-coretan kecil yang mungkin juga orang geli membacanya. Hehe, 
jadi yang akan aku tulis untuk blog pertama adalah catatan ini. sebagaimana saran dari arikel yang aku baca. Untuk memulai menulis.

5.   Mempercantik Blog

Gampang sih masalah mempercantik blog, yang terpenting bagiku sekarang adalah mutu dari isi blog aku. 
“Kwalitas tulisan bukan Kwantitas tulisan”
karena kalau mengejar kwantitas artikel yang aku publish. Nantinya hanya akan jadi sampah. Dan nggak dibaca orang. 
Tapi bodo amat sih mau dibaca atau pun nggak. Setidaknya aku pernah mencoba dengan sungguh-sungguh nulis. hehehe.

Dan kalaupun disuruh mempercantik blog, aku akan pilih tamplate yang simple. Yang mudah dibaca dan enak dipandang blognya. Tidak terlalu lebai pake kursor yang ada tulisan yang mengitari gitu. Ahhaa.

Maka dari itu aku putuskan mulai dari sekarang tanggal 13 Oktober 2016 aku akan mulai nge-blog. Target 1 artikel/hari. Bisa nggak ya? Hmmmmb. 
Bismillah aku yakin ada kekuatan Allah yang maha besar. Yang mampu mendorong aku untuk terus semangat belajar nulis dan pastinya berguna bagi seluruh makhluk di dunia. Amin.

Dan terakhir yang akan aku tanamkan dalam pikiranku mengenai ngeblog. bahwa ngeblog itu butuh 
“WAKTU-USAHA-KONSISTEN”.
oke .. 

semangat ...

happy nge-Blog. NGE-BLOG BISMILLAH

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "NGE-BLOG BISMILLAH (catatan kekalutan dalam memulai mencoret-coret halaman Blog)"

Post a Comment